,         
Selasa, 06 September 2011 - 00:19:02 WIB

Arus Balik di Pelabuhan Makassar Mulai Meningkat

Kategori : Sulawesi Selatan

Seputarsulawesi.com - Arus balik H+6 Hari Raya Idul Fitri 1432 H, di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, mulai menunjukkan peningkatan signifikan.  

 

"Sesuai informasi dari KM Tilong Kabila yang mengangkut penumpang rute Papua, Bali dan menuju Makassar, lebih dari 2.000 orang penumpang," kata Manager Bidang Usaha Pelni, Muhammad Ibrahim di Makassar, Senin.

Menurut dia, sejak H+2 penumpang dari luar daerah dan pulau terus berdatangan, namun jumlahnya tidak terlalu banyak dengan kisaran antara 200 hingga 400 orang. Namun, hal itu akan terus berlanjut hingga H+15.

"Biasanya arus mudik akan meningkat setelah H+7 hingga H+15, hal itu disebabkan rata-rata pemudik akan membawa sanak familinya ke Sulsel untuk mencari pekerjaan," katanya.

Selain KM Tilong Kabila, Kapal penumpang lain KM Sirimau juga sandar di Pelabuhan Sukarno Hatta Makassar. Kapal tersebut mengangkut penumpang asal Makassar sekitar 400 orang lebih dari Jakarta dengan rute selanjutnya menuju Bau-bau, Sulawesi Tenggara.

"Penumpang tujuan Bau-bau diperkirakan sekitar 200-400 orang yang akan bertolak dari Makassar. Untuk tiket, kita telah siapkan stok lebih untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," ujarnya.

 

Salah satu penumpang asal Makassar, Muhammad Arfah mengaku kedatangan ke Makassar untuk bersilaturrahmi dengan keluarga. Tidak hanya itu pengusaha textil ini mengeluhkan tingkat pengamanan dari aparat kepolisian dan Otoritas Pelabuhan Makassar tidak berjalan sesuai harapan.  

"Barang saya sempat tercecer, tetapi alhamdulillah bisa kembali ditemukan. Soalnya, banyak penumpang yang turun dari kapal tidak disiplin dan tidak teratur, polisi juga kurang sigap menangani hal ini," keluhnya. (71b/Ant)

Share |

Email :redaksi@seputarsulawesi.com
Iklan: 0411 (433867)
Silahkan Buka Seputarsulawesi.com di HP anda:
Versi Mobile

Isi Komentar :
Nama Lengkap :
Komentar :
Website :
Kode Keamanan :